Harga Gabah Kering Panen (GKP) Rp 3.500

GEDUNG JAYA : sejumlah petani di Kampung Gedung Jaya mengeluh, pasalnya gabah mereka dihargai Rp 3.500,- untuk Jenis Panjang dan Rp 3.400 untuk jenis bulat oleh tengkulak. dari HPP (harga pembelian pemerintah) dipatok pada angka Rp 3.700 per kilogram untuk gabah kering panen (GKP) / Maret 2017.

Menurut petani gabah hasil panen tidak sebanding dengan modal/biaya produksi yang harus dikeluarkan oleh petani. belum lagi bisa panen di musim penghujan seperti ini alat pemanen gabah modern (combine harvester) atau yang biasa disebut warga sebagai kombed. tidak bisa kerja dengan maksimal sehingga petani harus mengeluarkan modal tambahan untuk panen.

Seorang tengkulak gabah menuturkan mereka tidak berani mengambil resiko dengan membeli gabah petani dengan harga sesuai HHP, pasalnya mobil truk pengangkut tidak bisa masuk ke Kampung Gedung Jaya karena medan tidak memungkinkan, sehingga mereka harus mengeluarkan ongkos untuk langsir beberapa kali, alat angkutnya gak cuma satu kali tapi ada beberapa untuk berkali-kali. gabah dari petani masuk kapal lewat kuli ada ongkosnya, gabah dari kapal diturunkan oleh kuli ada ongkosnya, trus memuat gabah kemobil truk pengangkut pakai kuli ada ongkosnya lagi.

Zul menyebutkan, tingginya harga gabah saat panen merupakan harapan semua petani. Sebab, mereka bisa menutup kebutuhan sehari-hari dari hasil panen gabahanya itu. “Yah mudah-mudahan kedepan pemerintah lebih memperhatikan keadaan masyarakat petani dipelosok kampung, jalan-jalan bisa dibeton” imbuhnya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan