Pelatihan Linmas Kampung Gedung Jaya

 gedungjaya.desa.id  : Untuk meningkatkan Kapasitas  Anggota Poldes dan Linmas, Pemerintah Kampung Gedung Jaya mengadakan pelatihan. Kegiatan digelar pada Senin (19/06/2017).  Maksud dari kegiatan ini adalah untuk mengoptimalisasi keberadaan linmas di tengah-tengah masyarakat Kampung Gedung Jaya. Linmas diharapakan mampu melakukan pendekatan yg persuasif, edukatif dan parsitipatif dalam masyarakat serta membeantu menjaga kedaulatan Kampung.

Tugas pokok dan fungsi linmas misalnya dalam penanggulangan bencana harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak Pengamanan Swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah desa.

Sekretaris Kampung, Bp Warpangi Nadis. dalam sambutannya mengatakan bahwa Indikator suksesnya pelatihan linmas adalah : (1) Meningkatnya kualitas SDM Linmas, (2) Menguatnya kelembagaan dan peran serta Linmas, (3) Meningkatnya ketahanan masyarakat yang demokratis, (4) Meningkatnya Kesiap-siagaan Satuan Linmas dan masyarakat dalam penanggulangan bencana, ketentraman dan ketertiban umum dan (5) Meningkatnya kualitas pelayanan dan sumber daya pendukungnya dalam perlindungan masyarakat.

Narasumber yang ikut memberikan materi adalah Brigpol M. Erlando dari Babinkamtimbas Gedung Jaya, Bripka Alpha Daya Kesuma Putra dari Polsek Rawa Pitu dan Serma Suyadi dari Babinsa. Sinergitas antar pemateri membuat suasana pelatihan lebih kreatif dan interaktif.

Dalam Pelatihan tersebut, peserta mendapat banyak materi maupun praktik, diantaranya Praktik Baris-Berbaris, Praktik Seni Bela Diri Polisi, Praktik Menangkap Palaku Kriminal dll.

Kegiatan Pelatihan diakhiri dengan pengenalan rambu lalu lintas.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan