HUT ke 25, Kampung Gedung Jaya Nanggap Wayang Kulit

Gedungjaya – Memperingati Hari Ulang Tahun yang ke 25, kampung Gedung Jaya nanggap pertunjukan Wayang Kulit. Pertunjukan ini berlangsung di balai kampung Gedung Jaya  kecamatan Rawa Pitu Kabupaten Tulang Bawang (kamis, 19/10/2017).

Peringatan demikian sudah biasa dilakukan dengan mengundang dalang-dalang tersohor untuk bermain menghibur warga kampung Gedung Jaya. dan untuk Perayaan Hari Ulang Tahun yang ke 25 ini kepala kampung Gedung Jaya, beliau bapak Suyono mengundang dalang dari Penawar Jaya Kabupaten Tulang Bawang bernama Dalang Ki Budi Sutrisno yang memiliki 16 orang yogo (penabuh alat musik tradisional) yang telah mahir menabut alat lat musik trasional untuk indah didengarkan dan 4 orang sinden (penyanyi campu sari) yang melantunkan lagu-lagu jawa dengan merdu mendayu-dayu.

Pertunjukan berlangsung dimalam hari ( malam jum’at) dimulai pada pukul 20.30 WIB sampai dengan menjelang subuh, kira-kira pukul 04.00 WIB. Dalang Ki Budi Sutrisno mengusung lakon / cerita dengan judul ” Tumurunipun Wahyu Nugroho Jati”. 

Meskipun Wayang Kulit adalah pertunjukan trasional yang hanya para orang tua kita yang tahu arti dan memahami isi ceritanya, karena saya sendiri sebagai penulis tidak begitu paham dengan dunia perwayangan, namun disini tampak juga beberapa orang muda bahkan anak seusia SMP yang sedang menikmati pertunjukan Wayang Kulit ini. Entah mereka memang paham atau sekedar mencari pemahaman. hehe

(UF)

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan