Rewang, Tradisi Silaturahmi dan Gotong Royong.

Gedungjaya – Rewang merupakan adat tradisi warisan leluhur bangsa Indonesia, terutama bagi penduduk suku jawa, rewang bertujuan untuk membantu kerabat/tetangga yang sedang mempuanyai hajat seperti perta pernikahan, kenduri dll. Rewang sendiri sangat dianjurkan karena selaian saling membantu juga terdapat sialaturahmi dan gotong royong. Untuk kali ini rewang bertempat di kediaman bapak Supriyanto, warga dusun Tanjung Rejo RW 05, RT 15 Kampung Gedung Jaya Kecamatan Rawa Pitu kabupaten Tulang Bawang provinsi Lampung. Beliau sedang memiliki hajat/pesta untuk pernikahan putrinya. (rabu/08/11/2017).

Beberapa hal menarik dari rewang ini adalah, sebelum hari pelaksanaan terlebih dahulu dibentuk panitia untuk pemimpin dapur yang menjadi tangan kanan tuan rumah dan  bertanggung jawab terhadap kesuksesan jamuan makan selama hajat/pesta berlangsung. Karena  kesuksesan sebuah pesta yang paling utama terletak pada makananan/jamuan.

Jauh-jauh hari pemilik rumah/ orang yang akan mempuanyi hajat mendatangi orang orang yang akan dipercaya untuk rewang. Kemudian si Tuan rumah akan menentukan jadwal untuk berkumpul menyusun panitia rewang. dalam hal ini akan ditunjuk seseorang yang akan menajdi ketua panitia yang memiliki tugas mengatur segala kegiatan rewang sehingga acara pesta/hajat sukses dan berjalan lancar. Setelah ditunjuk ketua panitia selanjutnya akan disusun seksi seksi dalam rewang. maka di dusun Tanjung rejo dalam hal kepanitiaan rewang akan ada seksi juru masak ada adang (masak nasi), kemudian ada juru msaka ikan, juru masak sayur dll, kemudian seksi perlengkapan, seksi humas, seksi kebersihan dapur (cuci piring), dll. kemudian untuk seksi bagian depan akan ada seksi penjemput tamu, seksi sapu jagad, seksi penjaga hidangan dll.

Sehari setelah pesta selesai, maka tuan rumah/pemilik hajat mengumpulkan lagi orang orang yang telah rewang, biasanya malam hari. Ini dimaksudkan untuk acara pembubaran panitia, dan ucapan terimaksih oleh tuan rumah/pemilik hajat. Untuk masalah keuangan, panitia juga memaparkan pada malam pembubaran panitia.

Rewang, Indonesia.

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan