Musim Hajatan Melanda Kampung Gedung Jaya

Gedungjaya – Jika sampai saat ini kita telah telah mengenal beberapa musim yang ada dan terjadi di bumi ini, seperti musim salju, musim panas, musim gugur, musim dingin, musim semi dan musim hujan, musim kemarau. Di Indonesia, tepatnya di kampung Gedung Jaya Kecamatan Rawa Pitu Kabupaten Tulang Bawang terdapat satu lagi musim, yaitu Musim Hajatan.(Senin, 13/11/2017)

Rendang, salah satu menu wajib ada dalam hajatan. dokumentasi gedungjaya.desa.id

 

Musim hajatan adalah musim yang terjadi di kampung Gedung Jaya Kecamatan Rawa Pitu Kabupaten Tulang Bawang, dimana pada musim tersebut banyak warga kampung Gedung Jaya yang melakukan suatu kegiatan yang namanya hajatan (pesta). Hajatan atau pesta tersebut dilakukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan YME atas terlaksanya/terkabulnya keinginan/hajat seseorang.

Tetangga pun antusias membatu / rewang demi lancarnya acara hajatan. dokumentasi gedungjaya.desa.id

 

Musim hajatan di Kampung Gedung Jaya terjadi dua kali dalam setahun yakni pada bulan-bulan setelah panen, baik gadu maupun panen rendeng, dan umumnya terjadi dibulan Juni-Juli dan Bulan Oktober-November. Jadi musim ini berlangsung selama 1-2 bulan tergantung dengan banyaknya orang yang mengadakan hajatan, semakin banyak orang yang melakukan hajatan maka semakin lama pula musim tersebut berlangsung.

 

Sebelum hari HA, pemilik  hajat akan menyebar undangan kepada orang-orang se-kampung Gedung Jaya atau bahkan sampai keluar dari Kampung Gedung Jaya. Kalo orang-orang diluar kampung Gedung Jaya yang mendapat undangan biasanya orang-orang yang dikenal oleh pemilik hajat atau-pun orang yang diundang tersebut merupakan tokoh misalnya kepala kampung dll.

Salah satu bingkisan berbentuk mie instan yang diterima. dokumentasi gedungjaya.desa.id

Selain undangan, pemilik hajat juga biasanya akan menyebar bingkisan kepada orang yang di undang. Bingkisan tersebut umumnya berisi mie instan atau nasi beserta lauk-pauknya (punjungan).

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan