Panel Surya Sumber Kehidupan Wifi Nusantara di Gedung Jaya

Gedungjaya.desa.id – Untuk menjawab kebutuhan akan sumber energi listrik bagi keberlangsungan hidup Wifi Nusantara, maka Pemerintah Kampung Gedung jaya memasang Panel tenaga surya dengan total Maximum Power 575 WP dari 5 buah panel surya yang terdiri dari maximum power 125 WP sejumlah 3 buah dan maximum power100 WP sejumlah 2 buah. (selasa21/11/2017)

 

Teknisi tenaga Surya sedang melakukan instalasi panel surya diatas gedung Pusat Pemerintahan Kampung Gedung Jaya. 

 

Listrik DC dari Panel Surya disimpan pada accu, baru kemudian di rubah menjadi listrik AC menggunaka perangkat elektronik yang diberi nama powe inverter.

Hal ini dilakukan mengingat kampung Gedung Jaya sejak awal berdirinya pada tahun 1992 pada era pemerintahan presiden Soeharto sampai dengan saat ini tahun 2017 di era pemerintahan presiden Joko widodo belum terjangkau oleh aliran listrik PLN. Sedangkan di Kampung Gedung Jaya Kecamatan Rawa Pitu telah memperoleh Bantuan Perangkat ISAT Wifi Nusantara pada ahir tahun 2016, yang keberadaannya harus dirawat dijaga dan dimanfaatkan oleh pemerintah Kampung Gedung Jaya khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Dokumentasi Admin. Terlihat dengan jelas panel tenaga surya yang berjajar untuk memenuhi kebutuhan hidup dunia keliistrikan bagi keberlangsungan hidup Wifi Nusantara.

Dalam kehidupan sehari-hari untuk mengatasi kebutuhan akan energi listrik, sebagian penduduk Kampung Gedung Jaya memanfaatkan Listrik dari bertenaga Diesel yang dihidupkan menggunakan BBM. dan yang kita ketahui bersama bahwa BBM saat ini harganya cukup mahal dan mampu mencekik ekonomi penduduk Kampung Gedung Jaya yang notabenya bermatapencaharian sebagai petani sawah. Sebagian yang lain dengan  memanfaatkan energi matahari dengan memasang panel tegara surya yang harganya cukup mahal.

2 Comments

Tinggalkan Balasan