KPU Tulang Bawang gelar Pengukuhan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Untuk Pemilu 2019

gedungjaya.desa.id – Kamis, 08/03/208 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulang Bawang laksanakan Pengukuhan Panitia Pemungutan Suara (PPS ) se-Kabupaten Tulang Bawang untuk Pemilihan Umum 2019 bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Kabupaten Tulang Bawang. Pengukuhan tersebut  dilakukan langsung oleh REKA PUNNATA, SH Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulang Bawang. Dalam kegiatan tersebut turut hadir PPK se Kabuapten Tulang Bawang, Polres Tulang Bawang, Dandim 0426 Tulang Bawang, Panwaslu, Tokoh Agama d dan semua Calon PPS se-Kabupaten Tulang Bawang yang akan di kukuhkan.

Acara dibuka oleh panitia pukul 14.25  WIB dengan membaca Hamdalah bersama-sama,  dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti oleh semua peserta yang hadir. Ketua KPU Tulang Bawang REKA PUNNATA, SH menyampaikan dalam sambutannya bahwa KPU Tulang Bawang sebagai perpanjangan tangan KPU-RI melakukan evaluasi terhadap kinerja PPS se-Kabupaten tulang Bawang beberapa hari yang lalu dan sebagaian langsung disupervisi oleh korwil masing – masing untuk melakukan evaluasi.Dalam PKPU Nomor 3 Tahun 2018 disebutkan bahawa ada dua cara dalam perekrutan terhadap PPK, PPS, maupun KPPS, yaitu rekurtmen terbuka dan melakukan evaluasi. dua tahap ini dimungkinkan oleh Undang-Undang dan peraturan komisi pemilihan umum. Kemudian KPU Tulang Bawang mengambil kebijakan untuk panitia PPK kecamatan dilakukan rekrutman terbuka yang jumlahnya ada 3 orang dan untuk PPS dilakukan evaluasi. Dulu sebelum Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 belum disahkan PPK jumlah 5 orang. Setelah Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 disahkan maka PPK menjadi 3 orang. sedangkan untuk PPS jumlahnya tetap 3 orang. Evalusi terhadap PPS dilakukan sebagai bahan evaluasis KPU Kabupaten Tulang Bawang, apakah PPS masih layak atau tidak. dan yang melakukan evaluasi adalah rekan kerja atau sesama PPS di Kampung masing-masing serta Sekretariat PPS dan PPK.

Selanjutnya pengukuhan peserta calon PPS menjadi PPS Pemilu 2019 dengan pengambilan sumpah yang dilaksanakan langsung oleh REKA PUNNATA, SH ketua KPU Tulang Bawang. Pengambilan sumpah kali ini berbeda dengan pengambilan sumpah sebelumnya. Jika pengambilan sumpah pada waktu lalu yang maju cukup diwakili oleh perwakilan PPS sedangkan yang lainnya menirukan di barisan belakang , tetapi untuk sekarang semua peserta maju kedepan dan menirukan apa yang diucapkan eleh pemimpin sumpah. selesai acara pengucapan sumpah kemudian dilanjutkan dengan penandatangan fakta integritas oleh peserta yang telah ditunjuk oleh panitia.

Potret Peserta Calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) sesaat menjelang dikukuhkan oleh ketua KPU Kabupaten Tulang Bawang menjadi Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada pemilu 2019 mendatang. dokumentasi: gedungjaya.desa.id

 

Penandatanganan Berita Acara Pengukuhan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2019 oleh perwakilan dari peserta dihadapan ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten  Tulang Bawang. dokumentasi : gedungjaya.desa.id

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan