Timbunan Tanah Merah Berkualitas, Upaya Peningkatan Mutu Jalan Lingkungan.

gedungjaya.desa.id – Pengadaan timbunan tanah merah sudah di anggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBKam) dan direalisasikan oleh pemerintah Kampung Gedung Jaya di setiap tahun penganggaran kampung, upaya ini dilakukan untuk menimbun jalan desa maupun jalan lingkungan kampung agar kondisinya baik.

Meskipun hanya ditimbun dengan tanah merah, namun kegiatan ini sangat cukup membantu kegiatan warga kampung Gedung Jaya baik dalam segi ekonomi dan lainya. Kedepan pemerintah kamung Gedung Jaya akan terus melakukan penimbunan sampai dirasa cukup. Sedangkan untuk pengadaan penimbunan tanah merah ini menacapai 20 % dari anggaran yang ada disetiap tahunnya.

Piihan matrial timbunan tanah merah untuk jalan lingkungan maupun jalan kampung adalah alternatif karena matrial tersebut memiliki keunikan tersendiri, yakni warnya seperti genting kemudian mudah sekali padat dan keras  sehingga apabila diguyur hujan masih saja enjoi untuk dilalui kendaraan. Sehingga cocok untuk medan tanah labil seperti kampung Gedung Jaya dan sekitarnya, juga matrial ini cukup murah dan pengadaanya mudah.

Selain itu, harga untuk matrial timbunan tanah merah bisa dibilang tidak terlalu mahal dan pengadaannya mudah. Dan untuk tanahnya sendiri adalah bukan sembarang tanah merah, yakni dipilih matrial tanah merah yang mengandung banyak puru (keras).

Meskipun demikian, masyarakat Kampung Gedung Jaya melalui pemerintah kampung Gedung Jaya berharap kepada pemerintah kabupaten/provinsi mapun pusat (RI) agar bagaimana caranya jalan-jalan dilingkungan kecamatan Rawa Pitu khususnya Kampung Gedung Jaya bisa lebih diperhatikan dan ditindak lanjuti pembangunannya, karena jika hanya mengandalkan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBKam) kapan akan diaspal ..??

 

Kondisi Jalan Kampung Gedung Jaya Kecamatan Rawa Pitu Kabupaten Tulang Bawang. foto diambil saat musim penghujan / musim tanam rendeng. terlihat sopir mobil pikup sedang berupaya mengetaskan kendaraannya yang sedang berkubang di salah satu lubang jalan kampung Gedung Jaya.

 

 

 

Facebook Comments
About Zul Zulfa 97 Articles
Zul Zulfa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan