Ratusan Hektar Padi Siap Panen di Kampung Gedung Jaya Roboh.

gedungjaya.desa.id – Ratusan hektar padi  di kampung Gedung Jaya Kematan Rawa Pitu Kabupaten Tulang Bawang robok akibat dihantam angin dan hujan beberpa hari terahir.

Umumnya padi yang roboh di Kampung Gedung Jaya ini telah memasuki usia panen, artinya tinggal menunggu waktu sebentar saja padi sudah sampai dirumah, namun apa daya tangan tak sampai.

Tidak hanya roboh saja, namun padi juga terendam air akibat angin kencang yang terjadi beberapa hari terahir ini disertai hujan deras.

Kondisi ini akan semakin memburuk mengingat kondisi sawah yang banjir ditambah hujan angin yang kunjung reda, sehingga proses panen menggunakan mesin terhambat.

Dedy salah seorang petani padi yang mempunyai garapan 3 hektar menyebutkan “setelah hujan angin malam yang pertama, paginya saya tengok sawah dan alhamdulillah padi saya yang roboh cuma pinggir jalan saja. tapi hari ini saya tengok lagi sawah 40 % padi saya roboh. pusing saya pak. mana harga jual padi makin anjlok”. ungkap Dedy, jum’at 25 april 2019.

“Padahal tanaman padi musim ini rata-rata bagus, anakannya banyak, buahnya banyak, bulirnya mengkilap. Tapi karena sudah roboh dan terendam air saat ini harga gabah panen Rp3.300 /kg. Pokoknya ancur petani” imbuh Dedy.

 

Facebook Comments
About Zul Zulfa 99 Articles
Zul Zulfa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan