Musim Gadu, Petani Gedung Jaya Ramai Tanam Padi Berumur Pendek.

Gedungjaya.desa.id – Panen Raya musim rendeng tahun 2019 telah usai, kini petani kampung Gedung Jaya Kecamatan Rawa Pitu sudah mulai beraktifitas kembali  untk mengolah sawahnya masing-masing guna ditanami padi. Lambatnya kegiatan disawah ini lantaran penghujung panen sudah memasuki  bulan ramadhan, sehingga masih enggan untuk segera beraktifitas berat disawah karena memilih focus ke ibadah puasa dibulan suci ramadhan tahun ini.

Pada musim gadu kali ini, petani memilih farietas padi dengan umur pendek (genjah), karena biasanya dimusim tanam gadu curah hujan sedikit, sedangkan air pasang sudah tercemari air laut (asin). Sehingga untuk alas an tersebut petani memilih tanaman padi dengan umur genjah.

Sampai hari ini  (rabu 12 june 2019), usia pesemaian padi petani Kampung Gedung Jaya 0-12 hari setelah tabor, bahkan ada yg beum menyemai. Artinya di minggu terahir bulan june baru tanam dengan sistem tapin baru dimulai dan kemungkinan dipertengahan bulan juli baru akan selesai.

Usia semaian tidak selalu ditanam diusia muda, hal ini disebabkan karena sulitnya mendapatkan tukang tanam (wong tandur), mengingat luasnya lahan di kampong Gedung Jaya.

 

 

Facebook Comments
About Zul Zulfa 97 Articles
Zul Zulfa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan