Ahirnya Panen Raya Telah Tiba.

gedungjaya desa.id – Suara deru mesin mesin combine (alat pemanen padi moderen) menggema sepanjang hari di Kampung Gedung Jaya.

Bukan tanpa alasan yang tak penting, mesin tersebut berbunyi lantaran musim panen padi di Kampung Gedung Jaya Kecamatan Rawa Pitu Kabupaten Tulang Bawang telah tiba.

Puluhan mesin combine beroprasi setiap harinya untuk membantu petani dalam memanen padi.

***

Kehadiran mesin tegnologi moderen untuk petani ini sangat membantu proses panen. Kalau dulu, butuh waktu berhari hari dalam sekali panen untuk padi sampai dirumah tidak untuk sekarang ini.

Sejak tahun 2014 lalu, panen padi di Kampung Gedung Jaya telah dibantu dnegan alat moderen, sehingga butuh waktu tidak sampai sehari saja padi sudah berada di rumah.

Tidak butuh waktu lama, satu hektar tanaman padi untuk musim gadu ini dapat selesai (dipanen) dalam waktu 120 menit itupun sudah masuk dalam kantong (kandi).

***

Untuk musim  gadu ini, rata rata hasil panen petani turun yakni bila musim sebelumnya panen petani dapat menacapai 5-6 ton/hektar namun ini hanya bisa mencapai 4,5 ton/hektar. Hal ini dipicu kondisi alam yang kurang hujan.

Namun petani tetap bersyukur karena masih bisa panen.

 

 

 

 

 

 

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan