Pembakaran Jerami Padi Baik atau Buruk?

gedungjaya.desa.id – Asap pekat mengepul memenuhi langit Gedung Jaya menandakan adanya aktifitas api yang membakar benda benda disekitar. Dan ini bukan akibat kebaran hutan dan lahan bukan pula merupakan tragedi yang mengkhawatirkan namun sengaja dilakukan karena merupakan rutinitas petani setelah selesai panen. Adalah kegiatan membakar jerami padi sisa panen.

Kegiatan ini dilakukan agar proses pengolahan lahan (mentraktor) nantinya akan mudah dilakukan karena lahan bersih dari jerami dan tidak banyak yang menyangkut ditraktor, sehingga lahan nantinya bebas dari sampah jerami saat ditanami. demikian jawaban seorang petani yang tengah membakarbjerami saat ditanyai penulis.

Padahal jelas pembakaran jerami memiliki dampak buruk bagi alam karena asap yang ditumbulkan berdampak polusi udara yang mengganggu kesehatan. Selain itu tentunya memiliki dampak dampak buruk bagi lahan itu sendiri (perlu penjelasan oleh pakar pertanian).

Jika memang membakar jerami sisa panen memiliki banyak dampak negatif, maka sangat disayangkan sekali. Itu berati petani selama ini belum mengetahuinya.

Jadi perlu adanya peran aktif pemerintah dan instansi terkait untuk memberikan penyuluhan-penyuluhan langsung ke petani,entah apapun materinya yang penting untuk kemajuan petani. Mengingat kebehasilan petani merupakan kemakmuran Negara Indonesia.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan